Jumat, 24 November 2017

Mengetahui Lebih Banyak Tentang RPL

MENGETAHUI LEBIH BANYAK TENTANG RPL

 Apa sih RPL itu?

Rekayasaya Perangkat Lunak atau RPL merupakan Suatu perintah yang digunakan untuk memproses informasi, Perangkat lunak juga bisa merupakan suatu prosedur atau juga program. Rekayasa perangkat lunak juga suatu ilmu yang membahas tentang semua aspek produksi perangkat lunak mulai dari tahap analisis kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna tersebut, Desai, perancangan, pengujian serta pemeliharaan setelah di gunakan. Bahwa dari penjelasan dari RPL tersebut RPL ini tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatan program komputer.

TUJUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK


Dari Gambar di atas dapat diartikan bahwa bidang rekayasa akan selalu berusaha menghasilkan output yang kinerjanya tinggi, biaya rendah dan waktu penyelesaian yang tepat. Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah:
·         Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah
·         Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
·         Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform
·         Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah




RUANG LINGKUP
Sesuai dengan definisi yang telah disampaikan sebelumnya, maka ruang lingkup RPL dapat digambarkan sebagai berikut:

·         Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak
·         Software Desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak
·         Software Construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan
·         Software Testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak
·         Software Maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan
·         Software Configuration Management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu
·         Software Engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
·         Software Engineering Tools And Methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL
·         Software Engineering Process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL
·         Software Quality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak


Proses perangkat lunak
Proses perangkat lunak sebagai berikut Serangkaian kegiatan dan hasil-hasil relevannya yang menghasilkan perangkat lunak sebagian besar dilakukan oleh perekayasa perangkat lunak. Ada 4 kegiatan/aktivitas pada proses PL :

• Spesifikikasi Perangkat Lunak : Fungsionalitas perangkat lunak dan batasan kemampuan operasinya harus didefinisikan.

• Pengembangan Perangkat Lunak : Perangkat lunak yang memenuhi spesifikasi harus di produksi 
• Validasi Perangkat Lunak : Perangkat lunak harus divalidasi untuk menjamin bahwa perangkat lunak melakukan apa yang diinginkan oleh pelanggan.
• Evolusi Perangkat Lunak : Perangkat lunak harus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Model proses perangkat lunak

1. Model aliran kerja (workflow) : Menunjukkan kegiatan pada proses bersama dengan input, output, dan ketergantungannya. Merepresentasikan pekerjaan manusia.

2. Model aliran data (data flow) : Merepresentasikan proses sebagai suatu set kegiatan yang melakukan transformasi data. Menunjukkan bagaimana input ke proses, misalnya spesifikasi ditransformasi menjadi output, misalnya menjadi desain.


3. Model peran/aksi : Merepresentasikan peran orang yang terlibat pada PL dan kegiatan yg menjadi tanggung jawab mereka.


4. Model atau paradigma umum pada proses PL Model air terjun (waterfall) : Mengambil kegiatan dasar seperti spesifikasi, pengembangan, validasi, dan evolusi dan merepresentasikannya sebagai fase-fase proses yang berbeda seperti spesifikasi persyaratan, perancangan perangkat lunak, implementasi, pengujian dan seterusnya.

Artikel Terkait

Mengetahui Lebih Banyak Tentang RPL
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email