Mengenal
Rekayasa Perangkat Lunak
1. Apa itu RPL ???
RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) bahasa inggris Software Engineering merupakan salah satu disiplin ilmu/jurusan yang ada di SMK maupun salah satu materi yang ada di Perguruan Tinggi. Secara garis besar RPL mempelajari seluk beluk software. Berikut ini beberapa definisi tentang RPL :
·Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
·Menurut Wikipedia : Rekayasa perangkat lunak adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas
Jadi secara singkat pengertian Rekayasa Perangkat Lunak ialah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna untuk mengembangkan,memelihara dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
RPL sendiri mempunyai ruang lingkup kerjanya yakni :
1. Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
2. Software desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
3. Software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk. algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.
4. Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
5. Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
6. Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
7. Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
8. Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
2. Tujuan RPL(Rekayasa
Perangkat Lunak)
Setiap disiplin ilmu pastinya memliki tujuan baik untuk pengetahuan maupun yang digunakan untuk praktek tak terkecuali RPL ini. Berikut beberapa tujuan RPL :
·
Menghasilkan
perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform
·
Menghasilkan
perangkat lunak yang biaya perawatan rendah
·
Memperoleh
biaya produksi perangkat lunak yang murah
·
Menghasilkan
pereangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
3. Prospek Kerja
Rekayasa Perangkat Lunak
Sebagai salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknologi khusunya yang berhubungan dengan software, prospek kerja RPL cukup cerah banyak sekali profesi yang berhubungan denganRPL yakni :
·
Game
Developer - Dengan berbagai bekal ilmu yang diperolehnya termasuk computer
graphic, human computer interaction, dll, seorang yang menggeluti RPL juga
dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.
·
Software
Tester - Terkait dengan ukuran perangkat lunak, ia dapat juga berperan khusus
sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi
dari sebuah perangkat lunak.
·
Computer
Network / Data Communication Engineer - Bertugas merancang arsitektur jaringan,
serta melakukan perawatan danpengelolaan jaringan dalam suatuinstansi
atauperusahaan.
·
Web
Engineer / Web Administrator - Bertugas merancang dan membangun website beserta
berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan
pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.
·
Software
Engineer - Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai
keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis,
hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.
·
System
Analyst dan System Integrator - Berperan dalam melakukan analisis terhadap
sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif
dengan memanfaatkan perangkat lunak.
·
Intelligent
System Developer - Dengan berbagai teknik artificial intelligence yang
dipelajarinya, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai
pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image
recognizer, prediction system, data miner, dll
·
Programmer
- Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana informa
tika sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, teleko
munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.
·
Konsultan
IT - Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah
organisasi.
·
Database
Engineer / Database Administrator - Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan
basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan.
·
Kesimpulannya
ialah RPL merupakan singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak yang merupakan
salah satu program keahlian yang ada di SMK/STM maupun yang ada di perguruan
tinggi. Program keahlian ini mempelajari tentang perangkat lunak pada komputer.
Mengenal Rekayasa Perangkat Lunak
4/
5
Oleh
Unknown