Senin, 05 Februari 2018

JOOMLA

Joomla! adalah Sistem manajemen konten/Content Management System (SMK atau CMS) yang di buat untuk membuat atau membangun sebuah website yang dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Joomla adalah CMS yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertama kali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPl ( General Public Licence ) dan joomla adalah cms yang di kembangkan dari CMS Mambo.

Fitur JOOMLA
a. System caching
b. Peningkatan peformansi
c. RSS
d. Blogs
e. Polling

Kelebihan JOOMLA
1. Merupakan salah satu open source CMS dengan fitur yang powerfull
2. Penggunanya dari seluruh dunia baik itu dalam simple website sampai aplikasi yang kompleks
3. Gaya pembuatan yang bisa dibilang murah
4. Kemudahan dalam instalisasi yang bisa secara online atau offline sehinnga computer yang kita gunakan hanya membutuhkan server sperti WAMP
5. Dapat digunakan secar gratis dan hanya membayar web hosting
6. Component dan modul yang bisa kita dapat secara gratis
7. Kemudahan dalam pembentukan website baik dengan cara object-class ataupun dengan system pemrograman yang lainnya. Sehinnga serumitnya aplikasi bisa ditangani tanpa harus kita mempelajari tentang API Joomla.

Kekurangan JOOMLA
Fasilitas multisite tidak tersedia pada joomla, keterbatasan sebuah ACL (access control list), kurangnya cache memory yang disediakan, tidak adanya fasilitas tracker, jarang dalam urutan pertama dalam search engine.


Artikel Terkait

4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email