Jumat, 05 Januari 2018

Mengenal Apa itu CMS dan WordPress

Apa itu CMS ?

cms
Content Management System
Secara harfiah CMS adalah kepanjangan dari Content Management System.

Lalu jika secara istilah Content Management System atau CMS adalah perangkat lunak yang memfasilitasi pembuatan, pengeditan, pengorganisasian, dan penerbitan konten.

Dengan kata lain dengan adanya CMS ini,maka membuat sebuah website sekarang sangatlah mudah dan tidak perlu memiliki skill programming untuk membuat website.

Selain memudahkan pembuatan website,dengan adanya CMS juga mempermudah para content creator untuk mengelola atau mengkostumisasi konten pada websitenya.

Hal tersebut dikarenakan CMS punya sifat WYSIWYG (What You See Is What You Get) atau jika diterjemahkan artinya “apa yang kamu lihat adalah yang kamu dapatkan”.

Macam-macam CMS.

Saat ini banyak sekali vendor-vendor CMS yang bermunculan,mulai dari yang open source sampai yang berbayar.Namun berikut akan saya perkenalkan pada vendor CMS yang populer dan terbaik saat ini.

Berikut adalah daftarnya:
  1. WordPress
  2. Drupal
  3. Joomla
  4. SubHub
  5. PHP Fox
  6. Dll.

Diantara CMS tersebut WordPress lah yang paling popular dan paling banyak digunakan  oleh para blogger diseluruh dunia. Maka kali ini saya akan menjelaskan sekilas tentang WordPress di artikel ini.

Apa itu Wordpress ?

wplogo
Wordpress
 
WordPress adalah Content Management System, yang memungkinkan kita membuat dan mempublikasikan konten kita di web. Meskipun Wordpress banyak digunakan untuk penerbitan konten di web, Wordpress juga dapat digunakan untuk mengelola konten di intranet, atau di single komputer.

WordPress memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol penuh atas file, dokumen, serta desain dan tampilan konten. Jadi kita tidak perlu tahu satu baris kode untuk mempublikasikan konten menggunakan WordPress.

Hal tersebuat membuat Wordpress menjadi Content Management System yang baik karena memungkinkan penggunanya membuat dan mengelola konten mereka tanpa pengetahuan teknis apa pun.

Keunggulan WordPress

Sebagai salah satu CMS yang paling popular, WordPress memiliki berbagai keunggulan anatara lain :
  • Tersedia ribuan tema.
Dengan adanya tema maka kita bisa mengubah desain web kita dengan cepat dan mudah,dan WordPress menyediakan puluhan ribu tema untuk diterapkan di situs WordPress anda.

  • Tersedia plugin yang membantu.
Plugin memungkinkan kita memperluas fungsionalitas situs WordPress kita tanpa mengetahui bagaimana memprogramnya. Ada lebih dari ribuan plugin yang tersedia yang membantu kita menambahkan semua jenis fungsi ke situs, seperti media sosial, SEO, tayangan slide foto, dan banyak lagi.

  • WordPress didukung oleh komunitas yang berkembang dan terlibat.
Sebuah studi baru-baru ini memperkirakan bahwa sekitar 8% situs di Internet dijalankan oleh WordPress. Maka ada ribuan desainer, pengembang Web di luar sana untuk membantu jika kita mengalami masalah dengan WordPress.

Kesimpulan

CMS atau Content Management System sangatlah membantu para blogger/content creator untuk membangun kreativitasnya  tanpa harus memiliki skill web programming.

Lalu untuk vendor CMS yang paling direkomendasikan adalah WordPress, hal itu dikarenakan WordPress adalah CMS Open Source gratis yang memiliki segudang keunggulan yang tentunya bermanfaat bagi para blogger.

Nama : Agles Rizal Indraswara
NPM  : 41155050140063

Artikel Terkait

Mengenal Apa itu CMS dan WordPress
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

3 Oktober 2020 pukul 05.50 delete

Terimakasih kak atas artikelnya. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya dan mudah dipahami.semangat terus kak dalam berkarya dan semoga sukses
Perkenalkan nama saya Ismoyo Budiutomo dari ISB Atma Luhur

Reply
avatar