Jumat, 24 November 2017

Sejarah Gang of Four Pencipta Design Pattern Object Oriented Proggramming


The Gang of Four adalah penulis buku , " Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented Software" . Buku penting ini menjelaskan berbagai teknik pengembangan dan solusi pemrograman berorientasi objek dengan  memberikan dua puluh tiga design pattern Object oriented proggramming  
Keempat penulis tersebut adalah  Erich Gamma , Richard Helm , Ralph Johnson dan John Vlissides .

Buku yang ditulis oleh  dibagi menjadi dua bagian , dengan dua chapter pertama membahas tentang cara  menjelajahi kemampuan pemrograman berorientasi objek , dan chapter selanjutnya menggambarkan 23 pola software desain klasik . Buku ini memuat beberapa contoh di bahasa C ++ dan Smalltalk .

Berikut adalah profil dari para personil The Gang of Four :

1.      Erich Gamma

Erich Gamma ( lahir tahun 1961 di Zürich ) adalah ilmuwan komputer asal Swiss dan penulis buku rekayasa perangkat lunak berpengaruh , Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented Software . Dia menulis kerangka pengujian perangkat lunak JUnit bersama  Kent Beck dan memimpin desain Pembangunan Java development tool platform Eclipse ( JDT ) . Ia juga bekerja pada proyek Rasional Jazz IBM .

Ia bergabung dengan tim Visual Studio Microsoft pada tahun 2011 dan memimpin laboratorium pembangunan di Zürich , Swiss dan telah mengembangkan " Monaco " sebuah komponen untuk pembangunan berbasis browser , ditemukan dalam produk seperti Visual Studio Online, Visual Studio Code, Azure Mobile Services , Azure Situs Web , dan alat-alat Pengembangan Office 365 .

2.      Richard Helm

Richard Helm adalah seorang konsultan teknologi dari DMR Group, sebuah perusahaan  konsultan teknologi informasi internasional . Di sana ia aktif menerapkan  pola desain (design pattern) untuk desain sistem komersial . Sebelum DMR , Richard berada di departemen Software Teknologi di IBM T.J. Watson Research Center menyelidiki desain berorientasi objek dan penggunaan kembali dan visualisasi . Richard memiliki banyak publikasi internasional , menulis secara teratur di Dr. Dobb Journal , dan anggota komite program OOPSLA di masa lalu . Richard memiliki gelar Ph.D. Ilmu Komputer dari University of Melbourne , Australia

3.      Ralph Johnson

Ralph Johnson sudah mempelajari teknologi berorientasi objek dan bagaimana cara perangkat lunak dikembangkan selama 10 tahun terakhir. Dia telah terlibat dalam pengembangan sistem berorientasi objek operasi (Choices) , compiler (Typed Smalltalk) , editor kerangka grafis ( HotDraw ) , sistem sintesis musik ( Kyma ) , dan saat ini bekerja pada framework for accounting. Dia berada di fakultas dari Departemen Ilmu Komputer di University of Illinois dan telah membantu mengatur beberapa OOPSLA , termasuk OOPSLA'93 sebagai ketua Program . Dia mendapat gelar PhD dari Cornell.

4.      John Vlisside

John Vlissides meninggal pada 24 November 2005. Dia adalah seorang peneliti di IBM T.J. Watson Research Center . Dia sangat berminat untuk meneliti  tool desain berorientasi objek dan teknik , application frameworks dan builders, juga visualisasi Program . Sebelum di IBM, John bekerja di Laboratorium Sistem Komputer di Stanford University. Di sana ia ikut mengembangkan sistem berorientasi objek populer untuk mengembangkan aplikasi grafis . John menerima gelar Ph.D. di bidang teknik listrik dari Universitas Stanford .

Artikel Terkait

Sejarah Gang of Four Pencipta Design Pattern Object Oriented Proggramming
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email