Rabu, 31 Januari 2018

Kenal lebih Dekat dengan Joomla


joomla
Joomla

Apa itu Joomla ?


Joomla adalah Content Management System(CMS) yang bersifat open source, biasanya digunakan untuk membangun website dan aplikasi online.

Layana joomla gratis dan dapat diperpanjang yang dipisahkan menjadi template front-end dan template back-end (administrator). Joomla dikembangkan menggunakan PHP, Object Oriented Programming, pola perancangan perangkat lunak dan MySQL (digunakan untuk menyimpan data).

Kenapa harus menggunakan Joomla ?


Ada banyak Content Management System (CMS) di luar sana, misalnya seperti Blogger, WordPress, Joomla dan Drupal. Beberapa CMS bersifat gratis dan open-source tapi ada juga yang mengharuskan membeli lisensi.Semua CMS ini sangat berbeda satu sama lain baik berdasarkan antarmuka dan fitur pengguna mereka.

Diantara CMS yang lain,ternyata Joomla punya keunggualan khusus yang dapat menjadi alasan agar kita memilih Joomla disbanding yang lain:

  • Joomla adalah software gratis dan open source  

inilah salah satu alasan yang membuat Joomla hebat. Joomla benar-benar tersedia bagi semua orang karena kita tidak memerlukan sepeser pun untuk dapat mendownload source code dan memiliki hak yang tidak terbatas pada perangkat lunak itu sendiri. Kita bisa menjalankannya, mempelajarinya, memodifikasinya, mendistribusikannya dan bahkan memperbaikinya.

  • Joomla sangat mudah disesuaikan

Dengan Joomla, kita dapat dengan mudah menyesuaikan atau mengelola tajuk situs web, logo, footer, gambar dan konten lainnya dari situs Anda.

  • Joomla dapat diperluas

Kita dapat dengan mudah menambahkan komponen, plug-in, template dan modul dengan Joomla dan karena Joomla bersifat open-source, Kita dapat mengubah kode sumber sesuai dengan kebutuhan individu Anda. Selain itu, ada banyak ekstensi Joomla yang dapat kita download yang bisa meningkatkan kemampuan situs web yang kita kelola.

Arsitektur Joomla


Joomla adalah aplikasi web yang berbasis  Model-View-Controller (MVC). Diagram berikut menunjukkan arsitektur Joomla.
Hasil gambar untuk joomlaarchitecture
Arsitektur Joomla

Arsitektur Joomla berisi layers sebagai berikut:


  • Database
Database adalah kumpulan data dan dapat disimpan, dimanipulasi dan diatur dengan cara tertentu. Database menyimpan informasi pengguna, konten dan banyak lagi data yang dibutuhkan dari situs ini. Ini digunakan untuk menyimpan informasi administrasi untuk mengelola situs Joomla. Dengan menggunakan lapisan database Joomla, ini menjamin fleksibilitas dan kompatibilitas maksimal untuk perpanjangan.

  • Joomla Framework
Framework adalah kumpulan perangkat lunak open source, dimana CMS Joomla dibangun. Ini dikembangkan untuk fleksibilitas lebih dan menghancurkan kerangka kerja menjadi paket modular tunggal yang membantu setiap paket untuk berkembang dengan lebih mudah.
  • Components
Components dianggap sebagai aplikasi mini. Terdiri dari dua bagian yaitu Administrator dan Site. Setiap kali halaman dimuat, komponen dipanggil untuk menampilkan halaman utama. Bagian Administrator mengelola aspek komponen yang berbeda dan bagian situs membantu dalam merender halaman saat permintaan dilakukan oleh pengunjung situs. Komponen adalah unit fungsional utama Joomla.
  • Modul
Modul berisi ekstensi yang digunakan untuk membuat halaman di Joomla. Hal ini juga digunakan untuk menampilkan data baru dari komponen. Sering terlihat seperti kotak seperti modul login. Di administrator Joomla modul dikelola oleh manajer modul. Ini menampilkan konten dan gambar baru saat modul terhubung ke komponen Joomla.
  • Plugin
Plugin bisa disebut semacam ekstensi Joomla, sangat fleksibel dan kuat untuk memperluas framework. Plugin berisi sedikit kode yang digunakan untuk mengeksekusi pemicu acara tertentu. Biasanya digunakan untuk memformat output dari komponen atau modul saat halaman dibuat. Fungsi plugin yang terkait dengan event dijalankan secara berurutan saat terjadi peristiwa tertentu.
  • Template
Template menentukan tampilan situs Joomla. Ada dua jenis template yang digunakan yaitu Front-end dan Back-end. Template Back-end digunakan untuk mengontrol fungsi oleh administrator dimana-sebagai template Front-end adalah cara untuk mempresentasikan situs web kepada pengguna. Template mudah untuk membangun atau menyesuaikan situs Anda. Hal ini memberikan fleksibilitas maksimal untuk menata situs kita.
  • Web Browser
Web Browser adalah server tempat pengguna berinteraksi,yang memberikan halaman web ke klien. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) digunakan untuk berkomunikasi antara klien dan server.

Kelebihan Joomla

  • Joomla memiliki fitur dukungan multi bahasa.
  • Plugin dan ekstensi adalah fitur inti di Joomla CMS.Hal Ini tentu bisa meningkatkan kinerja situs web sampai tingkat yang lebih tinggi.
  • Joomla memiliki komunitas besar dan forum pengembang di seluruh dunia, yang dapat digunakan untuk dukungan online, perbaikan bug dan untuk pembaruan reguler.
  • Template dan tema yang memberi tampilan profesional ke situs web Anda, dan Joomla hadir dengan ribuan tema dan template standar yang bisa digunakan untuk mengubah tampilan situs Anda secara instan. Mudah diterapkan di situs web yang sudah mapan.

Kekurangan Joomla

  • Banyak plug-in dan ekstensi yang tidak gratis.
  • Akses terbatas tersedia untuk kustomisasi situs web.
  • Joomla memiliki tingkat keamanan yang kurang bila dibandingkan dengan CMS lainnya dan sangat rentan terhadap ancaman.

Nama : Agles Rizal Indraswara
NPM   : 41155050140063

Artikel Terkait

Kenal lebih Dekat dengan Joomla
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email