Kamis, 01 Februari 2018

LEBIH DEKAT DENGAN DRUPAL


                                            
  
                                      LEBIH DEKAT DENGAN DRUPAL



A) PENGERTIAN DRUPAL
      Drupal adalah sebuah perangkat lunak system manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL , Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara idividu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada untuk website.
drupal.web.id adalah situs web komunitas Drupal Indonesia. Menyediakan dokumentasi dan server terjemahan Drupal Bahasa Indonesia, juga forum diskusi untuk masalah instalasi penggunaan, modul, tema perwajahan (atau theme dan template).

B) SEJARAH DRUPAL :
Drupal adalah salah satu CMS (Content Management System) yang cukup populer. Sejarah asal mula munculnya CMS Drupal ini diawali oleh Dries Buytaert, (lahir di Belgia, 19 Nopember 1978), seorang PhD dalam Ilmu Komputer pada 27 Januari 2008 pada Universitas Ghent, membangun Drupal hampir tanpa sengaja yang dimulai sekitar tahun 1998 dan 1999. 

Saat belajar di kampus dengan kawan-kawannya, Dries belajar dengan menggunakan internet nirkabel. Bersama-sama mereka mencoba membangun jaringan lokal (Local Area Network, LAN). Karena dibutuhkan banyaknya komunikasi dan pertukaran informasi dalam proyek LAN tersebut, Dries memutuskan untuk membuat aplikasi Forum Diskusi. “Forum Diskusi” ini bisa diakses lewat LAN mereka dan setelah Dries lulus, diputuskannya untuk memindahkan “Forum Diskusi” tadi ke internet dengan sebuah situs. 

Awalnya Dries ingin mendaftarkan situs dalam Bahasa Belanda “Dorpje” yang berarti “desa kecil”. Saat mendaftarkan domain Dries salah mengetikkan domain dan mengisinya dengan “Drop”, bukan Dorpje seperti yang diinginkan sebelumnya. Tapi kemudian dia mempertahankan nama tersebut karena belum ada yang memiliki. Jadi situs internet pertama yang menggunakan versi online Drupal adalah Drop.org. Sekitar satu tahun kemudian, sekitar tahun 2000 atau 2001, Dries mendapatkan banyak ide dan fitur baru dari orang lain yang tertarik dengan “Papan Pesan” buatannya itu. Dries kemudian melakukan penelitian pada pasokan RSS, Moderasi Konten dan teknologi internet lain. 
Saat ketertarikan pada softwarenya berkembang, permintaan akan fitur baru juga bertambah. Dries memutuskan softwarenya menjadi open source supaya komunitas bisa bereksperimen sendiri dengan software tersebut, dan dia tetap memiliki waktu sendiri dalam eksperimen dan pengembangan. Saat itulah kemudian “Papan Diskusi”nya menjadi Software Open Source “Drupal”. Drupal sendiri merupakan produk dari beberapa kejadian yang tidak diduga.

Salah satu kejadian tersebut berhubungan dengan situs Kerneltrap.org yang dikelola Jeremy Andrews. Dries mengirimi Jeremy email dan menyarankannya menggunakan Drupal pada situsnya. Keduanya kemudian bekerja sama untuk menangani lonjakan trafik internet yang tak terduga. Dari hasil kolaborasi tersebut, Jeremy membuat beberapa modul dan menulis beberapa artikel tentang modul Drupalnya dan cara kerja Drupal. Dia fokus pada karakteristik teknis Drupal. Inilah yang kemudian membawa banyak ketertarikan komunitas internet atas Drupal. 

Drupal terus berkembang dan Drupal.org, situs utama Drupal yang kini memiliki lebih dari 350.000 anggota, menyediakan dukungan dan dokumentasi untuk implementasi Drupal. Jutaan salinan software ini sudah diunduh sejak dirilis. Drupal.org didaftarkan pada tanggal 26 April 2001.

C) FITUR UNGGULAN DRUPAL :
  • CMS (Content Management System) Sistem Manajemen Konten
  • CMF (Content Management Framework) Sistem Platform
  • Blog Pengguna tunggal dan pengguna jamak
  • Built-in Forums engine
  • Multi situs hanya dengan satu instalasi
  • Multi bahasa, sudah mendukung Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.
  • Konten Multimedia
  • Mendukung banyak jenis database
  • Bisa dipasang dengan webserver Apache, Nginx, IIS dan Lighttpd
  • Pengaturan hak akses pengguna tak terbatas, bukan hanya pengaturan hak akses jenis konten bahkan bisa memberikan hak akses tiap field data
  • Bisa membuat jenis konten baru yang tipe datanya sesuai keinginan pengguna
       FITUR TERBARU DRUPAL VERSI 7
1.  Easier Installation, Anda tidak perlu lagi ngutak-atik file settings.php sehingga instalasi lebih mudah.
2.  Dashboard, kumpulan menu administer yang terintegrasi
3.  Overlay, nuansa AJAX dalam menampilkan menu.
4.  Bartik : New Default themes
5.  Article and Basic Page, tipe konten standar pengganti Story dan Page.
6.  Creating, managing  and extending Content Type, dengan tertanamnya CCK dalam core Drupal struktur field pada tipe konten baru bisa dikembangkan dengan mudah.
7.  Text Format, pengganti input format yang lebih baik. Pengformatan teks lebih baik dengan berdasarkan roles.
8.  Image style, pengganti modul image attach berfungsi untuk memasukan image pada field imagekonten dan menampilkannya dalam setingan yang berbeda.
9.  Update Manager, modul untuk bongkar pasang modul dan tema baik dari paket modul/tema lokal maupun melalui ftp secara online.
10.   RDF, pengaya metadata konten agar semakin mudah dikenali oleh mesin pencari dan meningkatkan rangking dalam search engine tersebut.
11.   Cron, mengerjakan cron jobs otomatis melalui situs sehingga lebih mudah dan tidak perlu pengaturan melalui Control Panel hosting.
12.   Teaser as field, teaser merupakan field terpisah dari field body kontennya sehingga mudah dalamtheming dan konfigurasi terutama jika menggunakan modul Views.
13.   Comment as node. Komentar merupakan node yang terpisah dari konten walaupun digunakan untuk mengomentari suatu konten.
14.   Profile pengguna bukan merupakan modul tetapi menyatu dalam system Drupal.

D)  KEUNGGULAN MENGGUNAKAN DRUPAL ::

  • Infrastruktur yang lebih solid, Drupal merupakan sebuah framework yang sangat solid dan fleksibel. Sebagai contoh, dalam Drupal kelas uder dapat dibuat berapa pun kita mau. Misalkan kita ingin membagi tugas administrasi berita dan forum ke dua orang yang berbeda, dan masing-masing dilarang mengganggu kerja yang lain. Drupak juga sangat baik dalam hal kategorisasi konten.
  • Support untuk Database selain MySQL, Drupal 6 telah memiliki abstraction layerBerarti, akan sangat mudah untuk menggunakan RDBMS lain selain MySQL.
  • Update Otomatis, Drupal dapat diatur agar memberitahu administrator setiap ada update untuk modul-modul yang digunakan serta update pada core Drupal itu sendiri. Jadi, kita tidak perlu lagi memeriksa setiap modul yang digunakan untuk melakukan update. Hal ini penting sekali kalau website kita punya banyak musuh, agar website kita selalu terjaga dari kemungkinan hacking.
  • Fitur-fitur yang modular, dimana kita bisa mematikan fitur komentar, upload gambar, upload file. Selain itu, karena sistemnya yang fleksibel sekaligus ketat, banyak modul Drupal yang saling menambah fitur satu sama lain.
  • Development cycle yang cepat, kita dapat melihat sendiri kecepatan development Drupal. Selain itu para developer Drupal sangat yakin akan fitur-fitur yang mereka tambahkan dalam setiap rilis sampai-sampai mereka berkomitmen bahwa setiap rilis yang menambah fitur akan menambah satu major version number (misalnya dari 5.7 ke 6.0). berarti, ada sangat banyak perubahan dalam satu kali rilis- menambah major version itu layaknya melakukan upgrade dari Windows XP ke Windows Vista.
E) Kekurangan Drupal
1.     Untuk membangun website dengan Drupa kamu harus belajar lebih lama dibandingkan dengan mempergunakan CMS WordPress. Tetapi ketika kamu sudah mempelajarinya semuanya akan mudah.
2.     Terkadang Drupal dapat menghabiskan banyak resource dari server, jika kita tidak men-tweaknya dengan benar.
3.     Mencari pengembang Drupal yang bagus lebih sulit ketimbang mencari pengembang WordPress atau Joomla.
4.     Untuk website besaer module contributed kadang bisa menjadi isu.
5.     Membuat custom module dapat menjadi sulit jika kita tidak dapat menemukan pengembang Drupal.



Artikel Terkait

LEBIH DEKAT DENGAN DRUPAL
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email