Jumat, 05 Januari 2018

Apa itu Content Managemet System (CMS) serta kaitannya dengan Wordpres




Pengenalan tentang CMS Content Management System adalah aplikasi web yang dapat dipakai dengan mudah dengan berisikan template. Penggunan CMS juga tidak memerlukan pengetahuan pemograman web atau koding karena pemakaian dan proses instalasinya sudah mudah dan user friendly. CMS saat ini dibuat dengan menggunakan PHP dan MySQL.  CMS juga dipicu oleh kebutuhan masayarakat dan pelaku bisnis mereka secara mudah dalam hal pengelolaan content, cepat dalam pembuatan web, serta murah dalam pengadaannya. Bahkan saat ini, pengembangan aplikasi web CMS sudah banyak yang menggunakan framework dengan konsep, sangat dimungkinkan untuk melakukan modifikasi  terhadap beberapa fitur Content Management System instan tersebut karena semuanya dibuat lebih modular.

Di jaman yang mulai pesat vendor – vendor CMS pun mulai banyak manawarkan dari yang open source gratisan sampai berbayar seperti vendor berikut :
1. PHP fox
2. Wordpress
3. Joomla
4. Subhub
5. Drupal

Sedangkan apa yang kita tahu Wordpress cara mudah kita untuk membuat website sendiri dengan template yang  menarik dan juga userfriendly bagi kita yang buta dengan website dan pengkodingan. Wordpress juga salah satu CMS (Content Management System) yang bersifat open source untuk membuat website, sifatnya yang open source memudahkan kita sebagai pemula untuk memakainya. Wordpress dibuat menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Dari sisi gratis tentunya untuk mengeleloa CMS tidak bisa leluasa dan ada batasan – batasannya tersendiri. Jika kita membeli host untuk tujuan bisnis tentunya dapat membuat memperluas pergunaan CMS lebih kaya untuk pengaksesannya.


CMS yang paling populer juga tersedia ribuan tema, kita bisa mengubah tema atau desain web dengan mudah. Disamping itu CMS juga mempunyai plugin yang dapat memperluas dan menambah fungsionalitas Wordpres tanpa pemograman. Sebuah keuntungan juga memapai Wordpress karna ribuan desainer, pengembang Web dapat membantu jika kita mengalami masalah. 

Artikel Terkait

Apa itu Content Managemet System (CMS) serta kaitannya dengan Wordpres
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email