Kamis, 01 Februari 2018

CMS YANG FLEKSIBEL DENGAN "TYPO3"


Mengenal Typo3, CMS yang "Fleksibel"

Invested $100 in Cryptocurrencies in 2017...You would now have $524,215: https://goo.gl/efW8Ef

TYPO3 adalah sebuah perangkat lunak open source dan gratis untuk CMS (content management system) yang merupakan web application development framework yang sama dengan Model-view-controller (MVC) dan ditulis dengan bahasa PHP.

Aplikasi yang berlisensi GPL ini berjalan pada Apache atau IIS, dengan sistem operasi Linux, Windows, OS/2, atau Mac OS Xdan MySQL sebagai databasenya.


TYPO3 pertama kali dikembangkan oleh Kasper Skårhøj. Saat ini, CMS ini dikembangkan oleh dua tim. Tim pertama yang dipimpin oleh Oliver Hader bertugas untuk urusan pemeliharaan versi4.x, sedangkan tim kedua yang dipimpin oleh Robert Lemke danMichael Stucki bertugas untuk mengembangkan versi 5.x.


Sejarah singkat sulit untuk mengatakan bahwa Typo3 merupakan teknologi web builder (CMS) baru. Pasalnya TYPO3 ternyata telah ada sejak 12 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1997. Sejak awal diluncurkan Typo masih digunakan dan dipercayai oleh banyak web developer sampai saat ini. Typo pada awalnya dibuat sebagai sebuah tool untuk mendevelop website tanpa mengganggu designnya.


    Kegunaan CMS Typo3


TYPO3 mempermudah penambahan dan pengelolaan modul situs web.Dengan interfaces, function, dan modul dari TYPO3 yang sudah siap,TYPO3 masih memiliki repositori ekstension yang cukup banyak. Jika dihitung, akan lebih dari 4.000 ekstension yang siap di-download, yang disebut dengan TYPO3 Extension Repository atau TER.


Integrasi jenis konten multimedia dan dinamis manipulasi gambar sisi server dan generasi di antara berbagai pilihan standar dalam toolbox komprehensif untuk komunikasi berbasis web juga termasuk adalah pesan internal dan sistem alur kerja komunikasi untuk authoring bersama dan kolaborasi.


TYPO3 adalah Open Source CMS yang kuat dan gratis. TYPO3 memiliki banyak fitur dan dapat digunakan untuk menjalankan website besar untuk berbagai tujuan.

TYPO3 memiliki web front end, dimana akan menampilkan TYPO3 web based kepada para penggunanya dan  lengkap dengan web based back end-nya. Ini biasanya digunakan oleh si pembuat web atau administrator untuk mengatur konten dari website.

TYPO3 menggunakan bahasa PHP versi 4 dan 5. Mulai  dari TYPO3 versi 4.2.0. membutuhkan setidaknya PHP 5.2 sedangkan sistem database yang didukung oleh TYPO3 DBAL adalah MySQL, Oracle, dan PostgreSQL. Front end-nya bisa ditampilkan dengan browser, seperti Mozilla Firefox dan berbagai OS yang sudah di-install JavaScript.Saat ini Typo3 terus dikembangkan sampai telah mencapai versi 4.2.6.

Dengan TYPO3, semua orang bisa berpartisipasi dalam komunikasi berbasis web dan hubungan pelanggan. Integrasi jenis konten multimedia dan dinamis manipulasi gambar sisi server dan generasi di antara berbagai pilihan standar dalam toolbox ini komprehensif untuk komunikasi berbasis web. Juga termasuk adalah pesan internal dan sistem alur kerja komunikasi  untuk authoring bersama dan kolaborasi.
     Team Inti Typo3

Tim TYPO3 Core didedikasikan untuk mengembangkan dan mempertahankan CMS ini sebagai yang favorit dan yang paling memudahkan penggunanya.


Selain itu pada team CMS TYPO3 juga ada sub tim untuk masing-masing cabang utama (v4 dan v5) dan tim proyek bekerja pada fitur-fitur utama untuk versi tertentu.

Kebutuhan sistem

TYPO3 berjalan pada web server Apache & IIS yang sudah disediakan oleh Jakarta web hosting, dengan sistem operasi windows ataupun linux dan MySQL sebagai databasenya.


TYPO3 cocok untuk website perusahaan dan intranet. Ada instalasi dasar TYPO3 yang fleksibel yang dapat dikembangkan melalui modul dan interface tambahan siap pakai. Desain TYPO3 adalah berbasis template dapat dibuat template sendiri menggunakan bahasa konfigurasi Typo Script.


Typo3 memiliki 2 elemenintiv yaitu:

  •     Front End 
Front end merupakan tampilan interface yang dilihat oleh pengunjung website. Salah satu keuntungan penggunaan CMS adalah mudah dalam perancangan design website dan menampilkan sampel hasilnya. Sehingga pengguna akansangattertarikuntukmenggunakannya.
Pada Typo3, pengguna dituntut untuk lebih sabar dalam urusan Front End atau Interfacenya. Karena sebenarnya, inti dari design yang luar biasa ada pada Back Endnya. Beberapa sampel website yang dibangun dengan menggunakan Typo3 adalah: http://www.webex.com, http://ads.economist.com, atau http://bayertechnology.com. salah satu contoh dari sekian banyak perusahaan yang berskala enterprise yang menggunakan Typo dalam pengembangan websitenya. Pada website tersebut juga dapat melihat ciri  khas Typo3 pada source htmlnya.

  •     Back End
Back end merupakan pusat dari segala aktivitas Typo3. Semua design, coding, dan pengaturan-pengaturan lainnya dikerjakan. Back end diibaratkan sebagai dapur yang serbaguna sehingga dapat menyajikan masakan yang istimewa. Pada pengaksesan Back End, pengguna cukup hanya menambahkan folder Typo pada URL Front End.Misalnya pada URL Front End pengguna adalah http://localhost/hendraaulia, maka akses Back End disisipi pada URL sehingga menjadi http://localhost/hendraaulia/typo3.

Cara penggunaan CMS TYPO3
  • Front End
Pada Typo3, anda dituntut untuk lebih sabar dalam urusan Front End atau Interfacenya. Karena sebenarnya, inti dari design yang luar biasa ada pada Back Endnya. Beberapa sampel website yang dibangun dengan menggunakan Typo3 adalah: http://www.webex.com, http://ads.economist.com , atau http://bayertechnology.com. Mereka salah satu contoh dari sekian banyak perusahaan yang berskala enterprise yang menggunakan Typo dalam pengembangan websitenya. Pada website tersebut anda juga dapat melihat ciri khas Typo3 pada source htmlnya.  
  • Back End 
Back end merupakan pusat dari segala aktivitas Typo3. Disini semua design, coding, dan pengaturan-pengaturan lainnya dikerjakan. Back end diibaratkan sebagai dapur yang serba guna sehingga dapat menyajikan masakan yang istimewa. Pada pengaksesan Back End, anda cukup hanya menambahkan folder Typo pada URL Front End. Misalnya pada URL Front End anda adalah http://localhost/hendraaulia, maka akses Back End disisipi pada URL sehingga menjadi http://localhost/hendraaulia/typo3 

 Fitur pada TYPO3

1. Memerintahkan materi metafora

2. Serbaguna ayat-based layout

3. Pindahkan dan jatuh memodifikasi bahan dan halaman

4. Perpanjangan / Plug dalam arsitektur

5. Menyiapkan dan alur kerja

6. Edisi kontrol dan sejarah

7. Multi-Lingual dukungan

8. Multi-situs manajemen

9. Bisnis Verifikasi / integrasi

TYPO3 ekstensi dibandingkan dengan solusi lain
Setelah penilaian hati-hati dari CMS paling tersedia, kami memutuskan bahwa TYPO3 adalah umum terbaik tujuan CMS landasan bagi pelanggan yang membutuhkan CMS benar-benar disajikan, keluar melakukan alternatif gratis lainnya yang berjuang untuk menawarkan kemampuan perusahaan yang sebenarnya diperkirakan dalam perusahaan bisnis. TYPO3 ekstensi juga keluar sesi sebagian besar pilihan profesional dengan hal kinerja, sementara termasuk keuntungan dari kelompok desainer yang efektif dan biaya rendah dari kepemilikan sebuah yayasan bebas.


    Kelebihan CMS Typo3 :


Dengan menggunakan TYPO3, Kita akan mendapatkan suatu cara yang mudah untuk membangun dan mengatur sebuah website yang dinamik. Kita dapat menjalankan semua TYPO3 yang ada pada web browser, tanpa dibutuhkannya perangkat yang khusus.


    Kekurangan CMS Typo3 :



  • Versi PHP minimal yang memungkinkan TYPO3 adalah versi PHP diatas Versi PHP4. Misalkan : TYPO3 menggunakan PHP4 atau 5, mulai TYPO3 versi 4.2.0 membutuhkan setidaknya PHP 5.2
  • Database yangmendapat dukungan TYPO3 cukup terbatas antara lain : MySQL, Oracle, dan PostgreSQL.
  • Front-endnya bisa ditampilkan dengan browser seperti Mozilla Firefox dan berbagai OS tetapi yang sudah diinstal JavaScript.
  • TYPO3 bukan sistem yang mudah dipahami, kurva belajar sangat curam dan membutuhkan lebih banyak pekerjaan yang cukup agar dapat berfungsi sama dengan CMS yang lain

Artikel Terkait

CMS YANG FLEKSIBEL DENGAN "TYPO3"
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email