Senin, 05 Februari 2018

Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Belajar Pemrograman Android

Pada artikel kali ini , ditujukan bagi kalian yang bingung harus mulai dari mana , dan apa yang harus disiapkan untuk belajar Pemrograman Android. Karena menurut analisis saya kebanyakan orang bingung  caranya memulai sesuatu , seperti saat ingin membuat dan mengembangkan Aplikasi Android. Untuk memulai sesuatu yang pasti kalian tidak boleh menunda sesuatu , jadi jika kalian ingin belajar pemrograman Android, Ya kalian harus mulai dari sekarang , hari ini , menit ini , dan detik ini juga. "sometimes later becomes never" karena bagaimanapun "Tidak ada kata terlambat untuk memulai" . 


Jika kalian ingin ahli (mahir) pemrorgaman Android , ya semua butuh proses , ikuti dan nikmati proses tersebut ,sampai kalian merasa sudah cukup mahir. Akan tetapi seperti halnya teknologi ,setiap detik ,hari bulan ataupun tahun ,Android akan selalu berkembang teknologinya, kalian dituntut harus mengikuti dan menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada."Karena ilmu selalu selangkah lebih maju dari kita, kita dituntut harus selalu mengejarnya " .Jadi bagiamana pun jangan pernah berhenti belajar. Sama seperti saat saya mengelola blog ini Okedroid.com ,pastinya masih banyak ,hal-hal yang masih belum dibahas di blog ini .Karena setiap harinya pasti selalu ada hal baru. tentang pemorgraman Android.Oke mungkin itu saja untuk pendahuluanya , mari kita bahas soal inti dari artikel ini  yaitu tentang Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Belajar Pemrograman Android. Berikut hal-hal yang harus kalian ketahui :
1. Tentang Bahasa Pemrograman Android.
Ada banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang perlu kalian ketahui, namun tidak semuanya kalian harus pelajari satu-satu ,kalian harus mempunyai prioritas (utama)atau salah satunya ,untuk kalian pelajari sesuai kemampuan kalian. Seperti jika kita ingin memulai belajar pemrograman Android, kita harus tahu apa dulu logika dan algoritma atau alur program itu dibuat. Mungkin bagi kalian yang kuliah di jurusan ilmu komputer , kalian sudah cukup tahu tentang dasar-dasar pemrograman Komputer.  

Namun , bagi kalian yang bukan jurusan ilmu komputer atau masih duduk di bangku sekolah, kalian  bisa belajar secara otodidak(belajar sendiri) dari berbagai sumber di Internet. Seperti yang saya sudah jelaskan , kalian harus memilih salah satu jenis bahasa pemrograman sesuai kemampuan kalian. Jika kalian ingin membuat dan mengembangkan Aplikasi Android secara native(asli)dengan menggunakan Android Studio, kalian harus memahami konsep dasar bahasa program Java terlebih dahulu. Android Studio juga dapat di coding menggunakan bahasa program C dan C++ , fitur ini dinamakan Android NDK support. Bagi kalian yang ingin membuat dan mengembangkan Aplikasi Android secara hybrid(campuran) . kalian bisa memahami konsep dasar bahasa program HTML5 . Framework yang dapat kalian gunakan contohnya seperti phonegap , Cordova dll.Untuk kalian yang memahami bahasa program C# , kalian bisa gunakan Xamarin.
Nah bagaiamana jika kita tidak bisa memahami jenis bahasa pemorgraman manapun , kalian tetap bisa membuat dan mengembangkan Aplikasi Android tanpa harus menguasai bahasa pemrograman tertentu (No Coding), dengan cara mengunjungi situs web tool online untuk membuat Aplikasi Android secara instant, dan mudah. Contohnya seperti : App Geyser, App Maker dll.
2. Referensi Tutorial Belajar Android
Kalian bisa mempelajarinya banyak di Internet, yang pasti kalian harus memulai dari yang mudah terlebih dahulu , jangan terburu-buru dalam belajar karena semua butuh proses, Untuk referensi tutorial belajar Android ,sebenarnya Google sudah punyai Situs Web resmi untuk para Developer Android memulai belajar , yaitu di Develop Android Apps. Untuk belajar desain juga di Design Android Apps.  Nah untuk Tutorial bahasa Indonesia , salah satunya ya di blog Okedroid.com ini , kalian bisa mengikuti update tutorial terbaru disini ,meskipun masih banyak kekurangan disana-sini , setidaknya mungkin bisa membantu kalian para pemula ,tentang dasar belajar pemrograman Android.
3. Tujuan membuat Aplikasi Android.
Nah untuk memulai sesuatu ,pasti kalian mempunyai tujuan yang kalian ingin capai. Seperti halnya saat kita mulai membuat Aplikasi Android. Apakah kalian Belajar Pemrograman Android untuk Mendapat Skill pada Pekerjaan kalian?, karena mungkin banyak perusahaan yang membutuhkan skill pemrograman Android. Apakah kalian Belajar Pemrograman Android untuk mengerjakan Skripsi atau Tugas Akhir ?,yang diperuntukan bagi kalian mahasiswa semester akhir. Atau Kalian ingin Belajar Pemrograman Android untuk Bisnis ?. Tidak ada salahnya kalian ingin berbisnis ,dengan cara memoniteze Aplikasi kalian, namun yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu, Ciptakan aplikasi yang mempunyai kualitas dan yang mempunyai nilai value (berguna dan bermanfaat) untuk di gunakan user (pengguna ) kalian. Sebelum kalian memonetize (menguangkan) Aplikasi kalian. Pada intinya sih terserah kalian ingin membuat Aplikasi Android itu untuk tujuan apa. Tapi yang wajib kalian ingat kalian harus tentukan tujuan kalian.
4. Spesifikasi Komputer Untuk membuat Aplikasi Android
Mungkin ini salah satu faktor penghambat ,bagi kalian yang ingin mulai membuat Aplikasi Android, namun terkendala dengan Spesifikasi Komputer yang belum cukup mumpuni. Bagi kalian yang menggunakan Android Studio. Berikut Spesifikasi Komputer Untuk Menjalankan Android Studio menggunakan OS Windows :
System Requirement Android Studio di Windows :

  • OS Windows 7/8 32 - 64 bit 
  • Processor minimal Dual Core atau lebih
  • RAM 4 GB , Disarankan memakai RAM 8 GB
  • 400 MB Ruang di Hardisk
  • 1 GB lebih untuk Android SDK,Emulator ,dan cache
  • 1280 x 800  Minimum Resolusi Layar
  • Java Development Kit (JDK) 7 dan 8 
  • Untuk bisa mengakses emulator terbaru pastikan intel processor kalian mendukung Intel® VT-x, Intel® EM64T (Intel® 64), and Execute Disable (XD) Bit functionality.
Kurang lebih mungkin itu saja. tentang hal yang harus kalian siapkan sebelum memulai belajar pemrograman Android , jika ada kekurangan mungkin akan saya update nanti. Semoga bisa membantu bagi kalian yang bingung , tentang apa yang harus disiapkan untuk belajar Pemrograman Android.

Pemrograman pada dasarnya berpikir solusi untuk masalah dalam kehidupan nyata sebagai suatu sistem. Dengan bahasa pemrograman, kalian  harus tahu bagaimana untuk mengatasi masalah kehidupan nyata menjadi suatu hal yang dapat secara akurat direpresentasikan ke dalam sistem komputer.

Artikel Terkait

Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Belajar Pemrograman Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email