Jumat, 05 Januari 2018

KESIMPULAN VIDIO MENGENAI CONTENT MANGEMENT SYSTEM



 Perkenalan content management system dari vidio https://youtu.be/5WJdlbFAOvg

Dalam memasang sebuah web, baik itu blog ataupun vidio produksi kamu memerlukan sebuah sistem pengaturan konten untuk menampilkan konten pada dunia luas.

Ingat pada kelas sebelumnya, jika kamu seorang perancang program web, kamu akan meracang Tampilan web.

Jika kamu seorang web publisher, dasarnya kamu akan mencari content management yang terbuka Dan sangat mudah, Dan kamu tidak ingin mengetahui kerumitan dibelakang namun mudah menggunakan dibagian depan. Seperti Kita mengklik tombol tambah halaman maka akan muncul tambah halaman, Dan jika ingin mengubahnya ke Tampilan berbeda tanpa harus mengetahui kerumitan codingnya.
Ada banyak CMS di luar sana, ratusan bahkan ribuan atau lebih diantaranya Drupal, Wordpress, PHP Fox, Joomla, Sub Hub, dan masih banyak lagi.  Sebelum kamu memilih CMS yang kamu butuhkan untuk bisnismu kamu harus memikirkan semua kemungkinan yang berkaitan dengan itu seperti modul-modul, add-in, bahkan biaya untuk  memulai sampai mengurusi semua itu. Lalu hal-hal apa saja yang perlu kamu pikirkan itu? berikut penjelasannya:
1.       TCO (Total Cost of Ownership)
Setiap CMS mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setidaknya ada 3 versi CMS yang memiliki serfice  yang berbeda berdasarkan biayanya.
·         Open Souce
Versi ini jeals 100% gratis sesuai namanya, dimana kita bisa menggunakannya dengan bebas tanpa harus membayarnya. Cukup dengan mendownloadnya kemudian pasang di web server kita. Diantaranya: Wordpress, Joomla, Drupal.
·         Prabayar(paid)
Versi ini mengharuskan kita membayar setidaknya $300 sekali saja hanya untuk softwarenya, kemudian kita pasang di web server kita.
·         Hosted
Dengan versi ini kita mengharuskan membayar perbulan untuk software sekaligus dengan hostingnya. Kita membuat akunnya kemudian kita membayarnya sekitar $100 perbulan untuk serficenya.

Misalkan kita memilih CMS Open Soure Wordpress, kita mendapatkannya 100% secara gratis namun kita harus memilik skill lebih untuk mengurusinya. Namun jika kita membutuhkan hosting, mau tidak mau kita harus membeli serficenya setidaknya Rp.150rb per-tahun. Jika kita asumsikan jangka waktu 5 tahun, maka kita membutuhkan Rp.750rb untuk biaya serfice-nya.

Jika kita memilih versi prabayar kita membutuhjan uang sekitar $300 untuk membeli softwarenya sekali saja namun tetap jika membutuhkan hosting kita harus membeli layanannya. Kelebihan versi ini kita mendapatkan fitur-fitur yang lebih dari versi Open Source, jadi tidak perlu usaha lebih untuk mengurusi CMS pada sistem kita.

Jika kita memilih versi Hosted kita akan mendapatkan sebuah CMS dengan full version beserta Hosting namun kita harus membayar perbulan lebih dari  biaya hostingnya karena scara tidak langsung kita membeli versi full dari softwarenya. Kira-kira sekitar $100 atau Rp.1jt biaya yang kita perlukan.

2.       Core
Selain biaya yang kita perlu perhatikan sebelem memilih CMS yang sesuai dengan bisnis kita, komponen inti pada CMS seperti Modul, Plugins, dan Add-ons perlu kita perhatikan, karena teknologi berkembang begitu cepat dan setiap versi CMS memiliki pembaharuan core yang berbeda-beda tergantung dari komunitasnya.

Jika kita memilih versi Open Souce kita memiliki keuntungan dari segi pembeharuan core, karena banyak orang yang menggunakan Open Souce sehingga banyak orang yang mengupdate modul, plugins, add-ons yang kita butuhkan.

Jika kita memilih versi prabayar (paid) kemungkinan pemberahuan core tidak sebanyak versi Open Souce karna tidak banyak orang yang mengguanakan versi ini karna harganya tidak semua orang bisa menjakau harganya, sehingga sedikit pilihan core yang dapat kita pilih dan tidak semua core yang kita butuhkan itu gratis.

Jika kita memilih versi Hosted sebenarnya tidak jauh beda dengan versi prabayar.

3.       Install and Use
Dari tiga versi tadi yang kita bahas, ada perbedaan dari penginstalan dan penggunaannya. Misalkan jika kita menggunakan versi Open Souce perlu keterampilan lebih atau skill yang lebih untuk menginstal dan mengaplikasikannya sampai web ita bisa di nikmati oleh konsumen.

Tetapi jika kita menggunakan versi prabayar,kita tidak perlu banyak berpikir untuk menginstal dan mengurusinya tak perlu juga kita sampai menyewa konsultan IT untuk mengurusi web kita.

SPEED
Hal berikutnya yang harus anda pikirkan dan kadang orang tidak memikirkan tentang kecepatan sebenarnya dari situs. Ketika kamu mengujungi sebuah situs, kecepatan dari konten manajemen sistem dan server bagaimana supaya bisa berjalan bersamaan untuk seberapa lama memuat website tersebut terbuka. Jadi Sekarang kamu tahu aku tidak dapat memberimu sebuah aturan dari jempol tetapi aku ingin kamu memahami tentang ini ketika kamu memilih konten manajemen sistem atau layanan apapun yang akan kamu gunakan, yaitu seberapa cepat kamu dapat mengarahkan situs anda melalui konten manajemen sistem. Kamu melakukan publishing web, kecepatan dari pengunjung dapat meraih wesite anda lebih besar menarik kedalam situs anda akan menjikan mereka menyukai untuk megunjungi dan menjadi pengikut dan akan kembali lagi mengujungi jika mereka mengunjugi halaman dalam situs anda, dan mereka mengklik link dan itu membutuhkan 30 detik untuk terbuka, maka kamu kan ini jaman intrnet harus cepat. Jadi jika itu tidak terbuka selamanya maka mereka akan berpindah dan kamu tidak akan mendapat orang orang untuk menjadi pengikut. Jadi hal besar yang harus diketahui ketika kamu melakukan pengetesan untuk konten manejemen sistem anda, anda lihat seberapa cepat konten manajemen sitem bekerja ketika anda mengklik sebuah blog post apakah segera terbuka atau tertunda,  ketika anda mengetes konten manajemen sistem dapatkan teman dan lihat seberapa cepat dan benar benar besar dengan perbedaan konten manajemen sitem. Jadi itu hanya sebuah tambahan kecil. Pikirkan tentang perkataanku dengan bayar gratis untuk solusi host lagi. Total pembayaran dari pemilik perusahaan kembali lagi karena bagai mana kamu untuk menginstall software seperti wordpress, Drupal, semua itu gratis tetapi solusi pembayaran untukmu. Kamu tahu kamu harus meiliki untuk membayar tambahan dua ratus dolar untuk dapat memasang tetapi  kamu memiliki suatu tempat untuk dikunjungi.

Kesimpulan sebelum memutuskan kita memilih 3 sistem tadi kita harus terlebih dahulu menentukan bisnis apa yang akan jalankan. Kita perlu memikirkan suatu teknologi yang digunakan, hanya peru memikirkan planning bisnis saja terlebih dahulu. Dalam memilih sistem baik yang gratis maupun berbayar kita dapat mencoba yang trial. Namun yang harus diperhatikan dalam memilih cms adalah biaya keseluruhan, core, plugin, modul, add ons, penginstalan dan penerapan, dan kecepatan proses



Apa itu CMS? versi dari https://youtu.be/GSPp2OiPvos
CMS adalah software software yang mempermudah untuk non-teknis untuk mengatur dan mengelola konten web..
Itu sesuatu yang luar biasa, karena itu dapat mempertahankan dan memperbarui website sederhana dan terjangkau.
Pada suatu saat memperbaharui situs web  berarti melewati pemolesan dan penyempurnaan penulisan untuk programmer yang akan dikonversi menjadi kecampuran komputer lingo. Sering tidak sengaja menuju bebrapa poin-poin dari style dan layout. Prosesnya sangat lambat dan  menyakitkan untuk semua orang yang terlibat, belum lagi mahal.
Saat ini, berkat munculnya editor WYSIWYG (“What You See Is What You Get,” seperti Bold dan Italic fungsi di Microsoft Word) dan Sistem Manajemen Konten, Anda tidak perlu sarjana ilmu komputer untuk informasi website.
Bila kamu berhasil mengirim email, kamu dapat mengupdate hamalan website. Tentu saja CMS’s dapat gratis, perangkat lunak open source untuk yang luar biasa mahal solusi kustom desain. Tentu saja kita merekomndasikan menggunakan WordPress, dimana dapat dengan mudah menggunakan sebagai CMS untuk menjalankan website.
CMS memiliki dorongan besar untuk usaha kecil atau organisasi yang tidak memiliki anggaran untuk Teknologi besar- besaran
Itu menyederhanakan proses dan menaruh website kembali ke tangan dari pembuat konten, memungkinkan kamu untuk mengabiskan lebih banyak waktu pada konten yang kamu inginkan.
Jadi apa sih Wordpress itu sebenarnya?
Wordpress adalah paket software blog opensource yang bekerja luarbiasa baik sebagai konten manajemen sistem. Yang mempermudah  untuk setiap orang untuk menyiapkan, memanage dan merawat website tanpa memerlukan gelar yang lebih tinggi pada pengembangan website.
Baiklah pertama, semenjak WordPress adalah open source, Ini gratis. Itu selalu bonus.
Semenjak itu Open source ini juga komunitas yang berkembang dari pengembang software konstan dan membuat plugin untuk memperluas software..
WordPress membolehkan kamu untuk membuat halaman (konten stand alone) dan pos (konten saat digerakan) untuk membangun keluar konten dari situs.
Kamu juga dapat dengan mudah memanage situs kamu, melihat dan merasakan dengan tema. Ini adalah custom desain untuk situs kamu yang mengontrol bagaimana semuanya ditata dan diatur.
Software ini sana bisa disesuaikan, jadi kamu dapat menggunakan ini untuk apapun.
Lebih dari 60 juta orang memilih WordPres untuk memberikan kekuatan tempat pada website yang mereka sebut “Home”, Maka Mari kita mulai!



nama: Riki Mustofa
NPM: 41155050140004

Artikel Terkait

4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email