Jumat, 05 Januari 2018

WordPress : CMS Open Sourse Paling Populer






Ketika anda akan membuat sebuah web seperti Blog atau Video Production, anda membutuhkan suatu Content Management System (CMS) yang digunakan untuk menampilkan konten yang anda buat. Untuk mempermudah dalam permbuatan web nya, Anda perlu mencari CMS yang bersifat terbuka (Open Source).

CMS (Content Management System) adalah perangkat lunak yang memudahkan para teknisi untuk mengatur dan mengelola konten web. Banyak orang yang memilih menggunakan CMS ini dikarenakan maintanance dan update nya yang mudah dan harganya yang terjangkau. CMS bisa menjadi salah satu alternatif bagi bisnis kecil atau organisasi yang tidak memiliki anggaran dan teknologi yang memadai.

CMS banyak macamnya, diantaranya ada Drupal, WordPress, PHP Fox, Joomla, Sub Hub, dan masih banyak yang lainnya. Saat anda akan memilih CMS mana yang akan anda gunakan sebaiknya perhatikanlah kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi kedepannya, Seperti berikut :

  • Cost (Biaya)

Tidak semua CMS sesuai dengan kebutuhan kita, maka kita harus pandai memilih mana yang sesuai terutama dalam segi biaya. Ada 3 versi CMS, yaitu Open Source (Terbuka/gratis), Paid (Prabayar) dan Hosted.

  • Core (Komponen inti)

Selain biaya, ada juga komponen-komponen inti yang perlu kita perhatikan seperti Modul, Plugins dan Add-ons. Setiap CMS memiliki keunggulannya masing-masing, semakin berkembangnya teknologi maka tiap-tiap CMS pun memiliki pembaharuan Core yang berbeda.

  • Install and Use

Tiap-tiap CMS memiliki cara pengunduhan dan penggunaan yang berbeda, tergantung dari CMS mana yang anda pilih.

  • Speed (Kecepatan)

Selanjutnya yang perlu kita perhatikan yaitu tentang seberapa cepat CMS itu bekerja ketika kita membuka konten website, apakah langsung terbuka atau tertunda. 

Banyak yang sering menanyakan, apa sih CMS yang paling mudah dan banyak  digunakan? CMS mana sih yang tepat digunakan oleh para pemula? Jawabannya yaitu WordPress.
 

Apa sih WordPress itu? Wordpress adalah sebuah aplikasi open source yang sangat populer dikalangan blogger masa kini. WordPress memungkinkan anda untuk membuat, membangun, dan memposting konten situs sendiri dan juga anda dapat dengan mudahnya mengatur tampilan situs dengan tema yang dapat anda atur sendiri. Lebih dari 60 juta orang telah memilih WordPress untuk mengelola konten mereka secara online. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan disesuaikan, sehingga anda dapat menggunakannya untuk berbagai macam hal sesuai dengan kebutuhan.


Kelebihan WordPress

  •  Para penggunanya dapat menggunakan aplikasi wordpress dengan gratis.
  •  Mudah dalam pemakaiannya, karena user tidak harus mengerti tentang database dan coding didalamnya.
  •  Lebih stabil, karena ada dukungan pengembang didalamnya yang siap membantu.
Kekurangan WordPress

  •  Hanya bisa menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.
  •  Tidak leluasa dalam manata tampilan Blog.
  •  Tidak dapat menerima bisnis dari google adsense.
  •  Tidak dapat menggunakan Plugins.

 



Artikel Terkait

WordPress : CMS Open Sourse Paling Populer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email